>

Selasa, 29 April 2014

TEMU TEKNIS PENYULUH PERTANIAN TINGKAT KAB. CIREBON

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pemantapan Sistem Penyuluhan Pertanian Kabupaten Cirebon tahun 2014, pada hari Selasa tanggal 15 April 2014 yang lalu telah di selenggarakan Temu Teknis Penyuluh Pertanian Tingkat Kabupaten Cirebon bertempat di Aula BKP5K Kabupaten Cirebon dengan nara sumber Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon Bpk.Ir.H.Rianto Adiputra,MM., Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian TPH, Penyuluh Koordinator, Penyuluh dan Peneliti dari BPTP Provinnsi Jawa Barat dan lain-lain.  Pada Temu Teknis ini hadir diantaranya unsur Dinas Pertanian, Penyuluh/Kepala BP3K Kecamatan, POPT, Kepala UPTD Pertanian, Pelaku Utama Pelaksana Denfarm dan Penyuluh Pertanian di Kabupaten.

Kegiatan ini dimaksudkan adalah untuk membangun persamaan persepsi dan meningkatkan sinergitas serta koordinasi antar instansi lingkup pertanian khususnya dalam upaya untuk mendudukkan, memerankan, memfungsikan dan menata kembali penyuluhan pertanian agar terwujud kesatuan arah dan kesatuan gerak dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian. serta terus mendukung dan mengawal program utama pembangunan pertanian, untuk tercapainya empat sukses pembangunan pertanian, yakni : Swasembada dan swasembada berkelanjutan; diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah, daya saing dan eksport, serta peningkatan kesejahteraan petani.
Lebih lanjut pada temu teknis ingkat kabupaten ini dibahas tentang pelaksanaan kegiatan dan menyusun rencana kerja penyelenggaraan Penyuluhan, enyusun matrik pengawalan dan pendampingan penerapan rekomendasi teknologi spesifik lokasi dalam kegiatan peningkatan produksi beras tingkat kabupaten, pemanfaatan Katam Terpadu dalam pendampingan SL-PTT, menyusun rencana evaluasi dan supervisi kegiatan produksi beras dan mensosialisasikan lokasi kecamatan penerima kegiatan fasilitasi kegiatan penyelenggaraan penyuluhan pertanian sumber dana APBN dekonsentrasi melalui Satker BAKORLUH Provinsi Jawa Barat untuk tahun 2014.
Setelah Temu Teknis Penyuluh Pertanian Tingkat Kabupaten ini selanjutnya akan dilaksanakan Temu Teknis Penyuluh Pertanian di tingkat BP3K Kecamatan, diantaranya pada tgl. 21 April 2014 dilaksanakan di BP3K Susukan, tgl. 24 April 2014 di BP3K Palimanan dan pada tgl. 25 April 2014. ke tiga BP3K tersebut merupakan Kelembagaan Penyuluhan Tingkat Kecamatan yang difasilitasi dana APBN dekonsentrasi tahun 2014 yakni kegiatan Peningkatan Kapasitas BP3K sebagai POSKO Pelaksana Pembangunan Pertanian pada kegiatan Pemantapan Sistem Penyuluhan Pertanian Program Pengembangan SDM Pertanian dan Kelembagaan Petani TA. 2014.  ***

Ditulis : Supriadi,SP. (Penyuluh Pertanian Madya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Weblog Penyuluhan Pertanian Cherbon ini silahkan dimanfaatkan untuk penyediaan materi Penyuluhan bagi para Penyuluh dan untuk mendapatkan angka kredit pointnya juga dalam upaya transfer teknologi kepada pelaku utama