>

Jumat, 11 Mei 2012

HASIL UBINAN DENFARM SL-AGRIBISNIS DESA GUWALOR SETARA PRODUKTIVITAS PADI 12,393 TON GKP/HA


Program P2BN (Peningkatan Produksi Beras Nasional) dengan target utamanya yang kita capai yakni  mewujudkan target surplus beras 10 juta ton  upayanya adalah diantaranya melalui Denfarm  SL Agribisnis Padi, yang diantaranya di Kabupaten Cirebon untuk musim tanam 2011/2012 adalah Denfarm  SL Agribisnis Padi.di desa Guwa lor Kecamatan Kaliwedi.
Denfarm Padi SL Agribisnis  ini pada tanggal 5 April 2012 yang lalu telah dilakukan panen bersama Bupati Cirebon yang dalam han ini diwakili oleh Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bpk. Drs.H. Nasito, dan Kepala BKP5K Kabupaten Cirebon Bpk. Ir. H. Rianto Adiputra, MM. Serta turut hadir pula Camat Kaliwedi dan perwakilan PT. Kujang dan lain-lain.
Dan menurut Hasil Ubinan yang disaksikan BPS setempat diperoleh hasil ubinan rata-rata 7,746 Kg. dan bila dikonversi setara dengan produktivitas padi pertahun sebesar  12,393 Ton GKP/ha.
Denfarm Padi yang penyelenggaraannya dilakukan dibawah bimbingan  Penyuluh Pertanian Lapangan wilayah BPP Gegesik unit Satuan Kerja BKP5K Kabupaten Cirebon ini menerapkan sistim tanam Jajar Legowo 2 dengan jarak tanam (30x20x50) dengan fokus penerapan teknologi penggunaan pupuk organik dosis 2000 kg/Ha yang diberikan pada H-3, menggunakan benih varietas unggul baru Varietas CilamayaMuncul, pemupukan berimbang  dengan menggunakan NPK Kujang 350 Kg - Urea 50 Kg dan SP36 50 Kg, pengendalian OPT mengacu pada pendekatan PHT, dilaksanakan dengan metode SL dimana pembelajaran petani yang penyampaian teori dan praktek nya dilaksanakan secara berkala dengan topik disesuaikan dengan kemajuan tanaman. Pertemuan tersebut minimal sebanyak 14 kali tatap muka, setiap pertemuannya disampaikan materi oleh penyuluh pendamping dilakukan pengamatan tanaman padi disawah kemudian diambil tindakan sesuai kebutuhan.
Denfarm Padi dengan penerapan teknologi yang dikawal oleh Penyuluh Pertanian Lapangan pendamping dengan penyediaan saprodi yang bekerjasama dengan PT. Kujang dan beberapa obat-obatan untuk pengendalian hama/penyakit tanaman, telah membuktikan adanya peningkatan produksi yang siknifikan,  tentu cukup alasan untuk diikuti dan terus disebar luaskan pada petani dan kelompok lain baik oleh para petani sekitar lokasi kegiatan denfarm ini maupun para petani di wilayah lain di Kabupaten Cirebon..***

Kiriman PPL :     Nandang Jumhari, SP.
Penyuluh Pertanian Madya
PPT Padi – BKP5K Kabupaten Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Weblog Penyuluhan Pertanian Cherbon ini silahkan dimanfaatkan untuk penyediaan materi Penyuluhan bagi para Penyuluh dan untuk mendapatkan angka kredit pointnya juga dalam upaya transfer teknologi kepada pelaku utama